Breaking News:

Jumlah Kendaraan Menuju Tempat Wisata di Banten Menurun pada Periode Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Jumlah penurunan terjadi di beberapa titik menuju tempat wisata dan penyebrangan menuju Pelabuhan Merak.

WARTA KOTA/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi Jalan Tol 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG - Pihak Patroli Jalan Raya (PJR) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat jumlah volume kendaraan roda empat di gerbang tol Tangerang-Merak pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2021 menurun dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Baca juga: 3 Personel PJR Kaget saat Menghampiri Ibu dan 2 Anaknya yang Berjalan Kaki di Tol, Ibunya Menangis

Berdasarkan data yang diterima Tribunbanten.com setidaknya jumlah penurunan terjadi di beberapa titik menuju tempat wisata dan penyebrangan menuju Pelabuhan Merak.

Di pintu masuk menuju arah Merak untuk tahun 2020 setidaknya terdapat 288.401 kendaraan yang melintas.

Angka tersebut menurun 4.978 persen dari jumlah kendaraan yang melintas pada tahun 2019 sebesar 293.379 kendaraan.

Sementara itu untuk pintu keluar arah Jakarta untuk tahun 2020 ini terdapat 240.579 kendaraan. Jumlah tersebut menurun dari tahun 2019 sebesar 38.164 atau 13,6 persen dari tahun 2019 yang mencapai 278.743 kendaraan.

Untuk pintu gerbang tol Merak dari arah Jakarta jumlah volume mencapai 52.227 kendaraan yang melintas.

Angka tersebut turun 13.961 atau 21 persen dari tahun sebelumnya mencapai 66.168 kendaraan.

Baca juga: Arus Lalin di Tol Tangerang-Merak Ramai Lancar, Wakapolri Sebut Jumlah Pemudik Turun 66 Persen

Dan untuk pintu keluar arah Merak menuju Pelabuhan Merak data yang masuk mencapai 61.727 kendaraan turun sebesar 9.781 kendaraan atau 13,6 persen dari tahun sebelumnya mencapai 71.508 kendaraan pribadi.

Kepala Induk PJR Serang Korlantas Polri, AKP Deny Catur Wardhana mengatakan penurunan angka volume kendaraan pada tahun ini disebabkan Pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat masih berhati-hati dalam melakukan aktivitas diluar rumah.

Untuk kejadian kecelakaan lalu lintas sejauh ini menurutnya, tidak ada peristiwa yang sangat menonjol, hanya saja apabila terjadi peristiwa hal itu dikarenakan terjadi pecah ban atau kendaraan mengalami patah roda di jalan tol.

"Tapi secara garis besar angka volume kendaraan orang untuk berlibur mengalami penurunan," ujarnya, dalam keterangan yang diterima, Senin (28/12/2020).

Baca juga: ASDP Beri Toleransi Pemberlakuan Tiket Penumpang Kapal di Pelabuhan Merak

Dia berharap masyarakat agar tidak beraktivitas di luar rumah, apabila keluar rumah, ia pun meminta agar masyarakat menaati protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Deny berkoordinasi dengan aparat Polres setempat apabila sewaktu-waktu terjadi peningkatan arus balik yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 3 Januari mendatang.

"Antisipasi yang kami lakukan yaitu menambah pasukan dilapangan dan terus berkoordinasi dengan Polres terkait apabila terjadi kepadatan di Tol," tambahnya.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved