Breaking News:

Sekat Pemudik Bandel, Ditlantas Polda Banten akan Sebar Check Point & Alihkan Arus Kendaraan

Selain check point, Ditlantas Polda Banten juga akan melakukan pengalihan arus dan jalur mudik Lebaran di jalan Tol Tangerang-Merak dan jalan utama

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Abdul Qodir
Warta Kota/Andika Panduwinata
Posko check point di Tol Tangerang-Merak untuk memeriksa pengendara untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Selasa (12/5/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten menggelar rapat koordinasi lintas instansi dalam rangka pengamanan mudik Lebaran 2021 di Mapolda Banten, Kota Serang, Selasa (6/4/2021).

Salah satu poin pembahasan dalam rapat tersebut yakni pendirian sejumlah check poin di jalur mudik di Banten untuk menyekat para pemudik yang membandel.

Check point tersebut dibentuk menyusul keluarnya larangan mudik oleh pemerintah guna mencegah lonjakan kasus Covid-19

Hadir dalam rakor tersebut ialah Dirlantas Polda Banten, Kadishub Provinsi Banten, Kepala BPTD Banten, Kepala ASDP Merak, Direktur PT Astra Motor Tol Road Tangerang-Merak, Kabag DalOps Ro Ops, PJU dan Perwira Ditlantas Polda Banten dan Para Kasat Lantas Polres Jajaran.

"Rencananya dalam pengaman Lebaran tahun ini, masih seperti tahun lalu yang mana kami akan membentuk pos check point pada titik mudik sebagai dukungan program pemerintah tentang larangan mudik," ujar Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo.

Baca juga: 5 Poin Larangan Mudik Lebaran 2021, Berlaku Mulai 6 hingga 17 Mei

Baca juga: Menhub Tegaskan Larangan Mudik Lebaran 2021 Sudah Final

Selain check point, Ditlantas Polda Banten juga akan melakukan pengalihan arus dan jalur mudik Lebaran di jalan Tol Tangerang-Merak dan jalan utama atau arteri.

Antrean dan kepadatan kendaraan yang akan memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, bersamaan masa libur panjang pada Selasa (27/10/2020) malam.
Antrean dan kepadatan kendaraan yang akan memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, bersamaan masa libur panjang pada Selasa (27/10/2020) malam. (Tribunbanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan)

Rudy mengharapkan agar para instansi yang terlibat dalam pengamanan mudik Lebaran tahun ini dapat mempersiapkan diri dengan baik.

"Diharapkan kesiapan masing-masing instansi dalam menghadapi larangan mudik dengan sasaran orang, kendaraan dan barang. Serta diharapkan nantinya personel yang bertugas dapat menghimbau kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 selama mudik lebaran 2021," jelasnya.

Terakhir, Rudy Purnomo mengucapkan terimakasih kepada stakeholder terkait yang bertugas dalam pengamanan mudik lebaran tahun 2021 tersebut.

"Untuk itu, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada pimpinan instansi yang telah menghadiri rakor hari ini," ujarnya.

"Semoga dengan rakor hari ini kita dapat mendukung program pemerintah tentang larangan mudik. Dan juga dengan kerjasama secara lintas sektoral kali ini dapat mewujudkan kamseltibcar lantas di wilayah hukum Polda Banten," sambungnya. 

Baca juga: Mudik Dilarang, Sandiaga Uno Optimistis Destinasi Wisata Banten Banjir Wisatawan

Ilustrasi Tol Jakarta-Merak
Ilustrasi Tol Jakarta-Merak (Istimewa)

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengimbau seluruh masyarakat untuk mendukung dan mematuhi kebijakan pemerintah tentang larangan mudik Lebaran.

"Pandemi covid-19 sampai saat ini belum berakhir, untuk itu kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polda Banten saya menghimbau untuk tidak melakukan mudik lebaran," ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Hasan Lessy mengungkapkan, untuk mendukung kebijakan larangan mudik pemerintah pusat, Pelabuhan Merak tidak melayani penyeberangan orang mulai 6 Mei sampai 17 Mei 2021.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved