Breaking News:

Wagub Banten Minta Tokoh Masyarakat Bantu Imbau Warga Tak Mudik

Andika mengatakan, larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat semata-mata untuk memutus penyebaran Covid-19.

Dok. Pemprov Banten
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy usai mengikuti rapat virtual tentang kesiapan pengamanan pelaksanaan perayaan Idul Fitri 2021 di Mapolda Banten, Kota Serang, Rabu (21/4/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pemerintah Provinsi Banten bersama stakeholder siap membantu pelaksanaan kebijakan larangan mudik dari pemerintah pusat pada Lebaran tahun ini.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta tokoh masyarakat Banten membantu pemerintah mengimbau warga untuk tidak mudik Lebaran.

"Prinsipnya kami siap amankan kebijakan pusat soal larangan mudik. Dan, kepada tokoh masyarakat agar membantu mengimbau warga," kata Andika usai mengikuti rapat virtual tentang kesiapan pengamanan pelaksanaan perayaan Idul Fitri 2021 di Mapolda Banten, Kota Serang, Rabu (21/4/2021).

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy usai mengikuti rapat virtual tentang kesiapan pengamanan pelaksanaan perayaan Idul Fitri 2021 di Mapolda Banten, Kota Serang, Rabu (21/4/2021).

Rapat dipimpin Kapolri Jenderal Sigit Listyo Prabowo di Mabes Polri di Jakarta dan diikuti 34 piminan polda dan pemprov se-Indonesia.

Ilustrasi mudik Lebaran
Ilustrasi mudik Lebaran (TRIBUN JABAR/TEUKU MUH GUCI S)

Andika mengatakan, larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat semata-mata untuk memutus penyebaran Covid-19. Dan tren penyebaran Covid-19 cenderung meningkat setiap kali setelah musim libur panjang.

"Data menyebutkan setiap kali selesai liburan, itu kasus Covid-19 naik tajam. Oleh karena itu tidak mudik kita sekarang ini niatkan sebagai ikhtiar untuk mengakhiri pandemi," kata Andika.

Baca juga: Larangan Mudik Berlaku untuk Semua, Jubir Presiden: Jokowi & Pejabat Negara Tak Bepergian

Baca juga: Larangan Mudik, Pekerja Boleh Bepergian bila Kondisi Darurat, Ini Syaratnya

Terkait kesiapan Pemprov Banten sendiri, Andika mengatakan, pihaknya bersama Polda Banten akan melakukan operasi lalu lintas berupa penyekatan di sejumlah titik untuk menghalau pemudik.

Posko check point di Tol Tangerang-Merak untuk memeriksa pengendara untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Selasa (12/5/2020).
Posko check point di Tol Tangerang-Merak untuk memeriksa pengendara untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Selasa (12/5/2020). (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Operasi dimaksud akan digelar di Pintu Tol Cikupa, Pintu Tol Merak, dan di sejumlah jalur arteri Kabupaten Tangerang seperti di Gerbang Citra Raya, Pasar Kemis, Kronjo, Tigaraksa, Jayanti, dan Solear.

Untuk di wilayah Kabupaten Serang, penyekatan akan dilakukan di Simpang Asem, Cikande. Di Kota Serang, penyekatan akan dilakukan di Simpang Pusri.

Baca juga: Bupati Iti Jayabaya Wajibkan PNS Hingga Kepala Dinas Share Loc Saat Libur Lebaran

Baca juga: Polri Ungkap Alasan Pemerintah Melarang Masyarakat Lakukan Mudik Lebaran 2021

Halaman
12
Penulis: Abdul Qodir
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved