Breaking News:

PPKM Diperpanjang hingga 1 November, Anak-anak Boleh Masuk Mal dan Tempat Wisata

Penerapan PPKM di Jawa dan Bali diperpanjang selama 14 hari, terhitung mulai 19 Oktober hingga 1 November 2021

Editor: Glery Lazuardi
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi tempat bermain anak 

TRIBUNBANTEN.COM - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali diperpanjang selama 14 hari, terhitung mulai 19 Oktober hingga 1 November 2021.

Pada perpanjangan PPKM kali ini, pemerintah melakukan sejumlah pelonggaran, salah satunya pada sektor wisata.

"Anak-anak di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk tempat wisata di level 2 yang dapat menggunakan PeduliLindungi, dengan didampingi orang tua," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (18/10/2021).

Baca juga: Langgar Aturan PPKM, Polisi Gerebek Holywings Tebet, Ada 250 Pengunjung Berkerumun hingga Dini Hari

Selain mengizinkan anak di bawah 12 tahun untuk masuk tempat wisata, pemerintah juga akan membuka tempat wisata di kabupaten/kota dengan syarat masuk PPKM level 3.

Bahkan kini, wisata air diperbolehkan dibuka khusus untuk kabupaten/kota pada PPKM level 1 dan 2.

Adapun seluruhnya perlu sesuai dengan izin dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Namun demikian, demi memudahkan proses tracing. Tempat permainan anak diwajibkan mencatat nomor telepon dan alamat orang tua, serta waktu anak bermain.

Pada perpanjangan PPKM kali ini, kapasitas bioskop untuk kota level 2 dan 1 dinaikkan menjadi 70 persen. Anak-anak juga sudah diperkenankan masuk bioskop di kota level 1 dan 2.

Baca juga: Jadi Syarat Penerbangan usai PPKM Diperpanjang sampai 18 Oktober, Penumpang Keluhkan Aturan Tes PCR

Pelonggaran lainnya, yakni sopir logistik yang sudah divaksin 2 kali boleh menggunakan tes antigen yang dapat berlaku selama 14 hari untuk melakukan perjalanan domestik.

"Akan dilakukan random testing pada sopir logistik. Kita imbau bila ada sopir logistik yang merasa tidak nyaman dengan kondisinya untuk segera melaporkan diri untuk segera diperiksa," kata Luhut.

Adapun perpanjangan PPKM di Jawa dan Bali tercatat sebanyak 54 kabupaten/kota di level 2 dan 9 kabupaten kota di level 1.

Tulisan ini sudah tayang di kompas.tv berjudul PPKM Jawa dan Bali Diperpanjang Hingga 1 November 2021, Anak-Anak Boleh Masuk Tempat Wisata dan Mal

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved