Breaking News:

Ganjil Genap Berlaku Saat Arus Mudik Lebaran, Langgar Aturan Pemudik 'Diusir' dari Jalan Tol

Pemerintah memberlakukan one way dan sistem ganjil genap pada saat arus mudik Lebaran 2022/1443 Hijriah.

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Jalan Tol Serang-Panimbang tampak sepi saat sore hari. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah memberlakukan one way dan sistem ganjil genap pada saat arus mudik Lebaran 2022/1443 Hijriah.

Upaya pemberlakukan itu dilakukan mulai dari Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Km 414, atau Gerbang Tol Kalikangkung.

Baca juga: Skema Arus Mudik di Pelabuhan Merak, Perjalanan Kapal Diminta Naik Jadi 140 per Hari

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, mengatakan pihaknya tidak akan memberikan sanksi tilang, namun tetap ada arahan yang dilakukan petugas.

"Tidak ada tilang, tapi akan dialihkan saja oleh petugas. Artinya dikeluarkan untuk melanjutkan lewat jalan arteri," kata Budi dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Untuk diketahui, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan merekayasa lalu lintas untuk mencegah penumpukan penumpang selama arus mudik-balik Lebaran 2022.

Seperti dilansir dari Kompas.com, rekayasa arus lalu lintas dilakukan dengan skema ganjil genap, sistem satu arah atau one way, contra flow.

Sampai buka-tutup jalur dan pengalihan lajur sedang disiapkan untuk antisipasi kepadatan mudik Lebaran 2022.

Rencana itu sudah dimatangkan Kementerian Perhubungan bersama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bersama Kakorlantas Polri, Firman Shantyabudi, membahas skenario rekayasa lalu lintas pada masa mudik tahun ini.

“Persiapan rekayasa lalin telah disiapkan jauh-jauh hari oleh Korlantas Polri bersama Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga, dengan melakukan simulasi-simulasi sehingga dapat diprediksi berapa rasio kemacetan yang akan terjadi,” kata Budi, Senin (11/4/2022).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved