Breaking News:

Mudik Lebaran 2022, One Way-Ganjil Genap Diterapkan di Tol Jawa

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan merekayasa lalu lintas untuk mencegah penumpukan penumpang selama arus mudik-balik Lebaran 2022.

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Jalan Tol Serang-Panimbang tampak sepi saat sore hari. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan merekayasa lalu lintas untuk mencegah penumpukan penumpang selama arus mudik-balik Lebaran 2022.

Seperti dilansir dari Kompas.com, rekayasa arus lalu lintas dilakukan dengan skema ganjil genap, sistem satu arah atau one way, contra flow.

Sampai buka-tutup jalur dan pengalihan lajur sedang disiapkan untuk antisipasi kepadatan mudik Lebaran 2022.

Rencana itu sudah dimatangkan Kementerian Perhubungan bersama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bersama Kakorlantas Polri, Firman Shantyabudi, membahas skenario rekayasa lalu lintas pada masa mudik tahun ini.

“Persiapan rekayasa lalin telah disiapkan jauh-jauh hari oleh Korlantas Polri bersama Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga, dengan melakukan simulasi-simulasi sehingga dapat diprediksi berapa rasio kemacetan yang akan terjadi,” kata Budi, Senin (11/4/2022).

Dirinya menjelaskan, kepastian manajemen rekayasa lalu lintas yang akan ditetapkan pada masa mudik lebaran 2022 akan segera disampaikan oleh Korlantas Polri dan akan disosialisasikan kepada masyarakat.

“Dengan animo masyarakat yang tinggi untuk mudik, kita ingin mengatur perjalalanan mudik yang aman dan sehat. Kelancaran, keselamatan, dan disiplin prokes menjadi keharusan,” ujanya.

Baca juga: Mudik Lebaran 2022 Berpotensi Naik,  Pemprov Banten Susun Strategi

Lebih lanjut Budi menyampaikan, untuk memperlancar arus penumpang maupun kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni, diimbau hanya kapal-kapal besar saja yang beroperasi.

Sedangkan untuk kelancaran arus lalu lintas di Jawa Tengah yang kerap menjadi tujuan terbesar para pemudik, akan dilakukan rapat koordinasi dengan Korlantas, Ditlantas, Polda, serta Pemda Jateng.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved