Breaking News:

Lakukan 'Saba Budaya', Pangdam III Siliwangi Puji Warga Suku Baduy: Contoh Masyarakat Sejahtera

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengunjungi Suku Baduy. Kunto memuji warga Suku Baduy sebagai contoh masyarakat sejahtera

Penulis: Nurandi | Editor: Glery Lazuardi
nurandi
Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo ke Baduy bersama jajaran Kodam III Siliwangi dan Kodim 0603 Lebak mengunjungi Suku Baduy. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo ke Baduy bersama jajaran Kodam III Siliwangi dan Kodim 0603 Lebak mengunjungi Suku Baduy.

Tujuan kedatangan itu dilakukan untuk menyerahkan bantuan sosial dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Suku Baduy.

Saba Budaya Baduy yang dilakukan Pangdam bersama jajaran Kodam III Siliwangi merupakan apresiasi kepada masyarakat adat.

Dalam kunjungannya Pangdam III Siliwangi mengatakan kunjungan ini adalah silaturahmi, karena ini terbentuk dari mereka dan masyarakat Baduy merupakan bagian dari Indonesia.

Baca juga: Wisata Banten: Jelajah Kampung Gajebo Suku Baduy Luar, Alam Asri, Sungai Jernih, Pas Buat Healing

"Ini merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia dan merupakan bagian dari Indonesia. Semua punya ciri khas dan branding nya masing-masing," kata Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo saat Saba Budaya Baduy, Kamis (4/8/2022).

Saat berada Pangdam III Siliwangi mengapresiasi kerajinan tangan dan kuliner khas Baduy.

Menurut keberadaan kerajinan dan kuliner khas Baduy merupakan kekayaan dan kearifan lokal yang harus tetap dilestarikan.

"Di sini ada pemanfaatan yang mempunyai nilai tinggi, seperti adanya kerajinan tanggan seperti Tas Koja, Tenun dan ada Kuliner seperti jahe khas Baduy," ujarnya.

Masyarakat Baduy juga antusias menyambut Pangdam bersama jajaran, dalam kunjungan tersebut diselenggarakan juga pelayanan kesehatan untuk masyarakat Baduy periksa gigi dan pelayanan KB.

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo juga menyampaikan harapannya, dengan keberadaan masyarakat Baduy merupakan salah satu masyarakat yang melestarikan alam.

"Jadi harapannya dengan adanya pemanfaatan ini, bisa membangun ekosistem masyarakat yang sejahtera, dan Suku Baduy merupakan contohnya," katanya.

Baca juga: Demi Dapatkan Identitas Diri, Warga Suku Baduy Rela Antre Rekam e-KTP dan KK di Kantor Desa Kanekes

Dirinya juga menambahkan Suku Baduy, adalah agen dalam menjaga kelestarian alam.

"Jadi masyarakat Baduy ini merupakan agen ekosistem bagaimana keberadaan Baduy ini bisa menjaga alam di sekitarnya," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved