Breaking News:

Kasus Pembunuhan Brigadir J

Rekam Jejak Lima Tersangka Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J

Rekam jejak lima tersangka pembunuhan berencana Brigadir J, dari Bharada E hingga Putri Candrawathi

Editor: Abdul Rosid
Kloase/Net
Rekam jejak lima tersangka pembunuhan berencana Brigadir J, dari Bharada E hingga Putri Candrawathi 

TRIBUNBANTEN.COM - Putri Candrawathi telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J oleh Tim khusus (Timsus) dari Bareskrim Polri, Jumat (19/8/2022).

Penetapakan tersangka Putri Candrawathi tersebut menambah daftar pelaku kasus pembunuhan Brigadir J.

Putri Candrawathi ditetapkan sebagai tersangka setelah rekaman CCTV yang berhasil ditemukan tim khusus menjadi alat bukti keterlibatan Putri dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Tersangka kelima tersebut yakni istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Ibu tiga anak ini dijerat Pasal 340 subsider 338 jo Pasal 55 jo 56 KUHP.

Baca juga: Pengacara Keluarga Brigadir J Duga Ada Upaya Buat Kisah Baru Usai Putri Candrawati Jadi Tersangka

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi menjelaskan hasil pemeriksaan rekaman CCTV baik yang ada di lokasi rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling III, maupun yang ada di dekat TKP di Duren Tiga, Putri turut melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi perencanaan pembunuhan terhadap Brigadir J.

Rekaman CCTV inilah menjadi bagian dari barang bukti tidak langsung yang memberi petunjuk Putri ada di lokasi sejak di Saguling sampai Duren Tiga.

"Hasil penyidikan tersebut, tadi malam sampai pagi sudah dilakukan sejumlah kegiatan pemeriksaan, konfrontir. Tanpa kehadiran yang bersangkutan penyidik melakukan gelar perkara dan berdasarkan dua alat bukti ibu PC ditetapkan sebagai tersangka," ujar Andi," ujar Andi saat jumpa pers di Mabes Polri, Jumat (19/8/2022) yang dipantau dari progam Breaking News di Kompas TV.

Berikut ini peran dari empat tersangka lainnya:

Bharada E

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E merupakan tersangka pertama yang diumumkan Polri pada 4 Agustus 2022.

Berbeda dengan Putri Candrawathi, rekam jejak tersangka Bharada E dalam proses penyelidikan dan penyidikan kasus kematian Brigadir J sangat panjang.

Namanya pertama kali muncul saat kepolisian merilis peristiwa baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E di rumah Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga pada 11 Juli 2022.

Namun rilis tersebut dibantah setelah tim khusus bergerak mendalami peristiwa. Fakta sebenarnya tidak ada baku tembak.

Bharada E menembak Brigadir J menggunakan senjata api Bripka Ricky Rizal atas perintah Irjen Ferdy Sambo.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved