Breaking News:

Panen 4,5 Ton/Hektare, Kedelai Migo Sukses di Kabupaten Serang, Bakal Diluncurkan Presiden Jokowi

peluncuran produktivitas varietas ini akan diluncurkan langsung Presiden Joko Widodo.

dokumentasi Pemkab Serang
Kualitas kedelai mikroba google (migo) di Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangkal, Kabupaten Serang, melebihi kedelai impor. Panen pertama uji coba di Desa Rancasanggal, Rabu (14/9/2022), dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, anggota DPR RI Nur'aeni, serta sejumlah pejabat tinggi Provinsi Banten dan Kabupaten Serang. 

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Kualitas kedelai mikroba google (migo) di Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangkal, Kabupaten Serang, melebihi kedelai impor.

Rencananya, peluncuran produktivitas varietas ini akan diluncurkan langsung Presiden Joko Widodo.

Hal itu dikatakan penemu varietas kedelai migo, Profesor Ali Zum Mashar, di sela-sela panen pertama uji coba di Desa Rancasanggal, Rabu (14/9/2022).

Panen pertama itu dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, anggota DPR RI Nur'aeni, serta sejumlah pejabat tinggi Provinsi Banten dan Kabupaten Serang.

Baca juga: Sedang Mendata, Bakesbangpol Kabupaten Serang Bakal Bina dan Berdayakan Ormas, LSM, dan Yayasan

Uji coba varietas kedelai migo sukses dikembangkan di Desa Rancasanggal.

Hasil panen varietes migo ini sekitar 4,5 ton kedelai per hektare, jauh dibandingkan varietes pada umumnya yang hanya maksimal 2,5 ton kedelai per hektare.

Menurut Ali, lahan yang ditanami kedelai migo di Desa Rancasanggal awalnya mengandung zat besi.

Namun, sekarang menjadi tempat dengan produktivitas kedelai terbaik di Indonesia.

“Sejak 10 tahun lalu, segala penelitian kami didukung Ibu Bupati Serang. Sekarang akan menyebarkan spektrum ke seluruh Indonesia, terutama untuk teknologi di kedelai,” ujarnya melalui rilis yang diterima TribunBanten.com, Rabu.

Ali menegaskan, kedelai merupakan konsumsi protein utama masyarakat, bukan anak tiri karena komoditas pokok dan strategis untuk bangsa Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved