Breaking News:

Sampah Tangsel Kembali Dibuang ke TPAS Cilowong, Tunggu APBD-P Disahkan

Sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Tangerang Selatan (Tangsel), rencananya akan dibuang kembali ke setelah APBD-P disahkan

Editor: Glery Lazuardi
TRIBUNBANTEN/MILDANIATI
Tempat Pembangunan Akhir (TPAS) Cilowong di Kelurahan Cilowong. Sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Tangerang Selatan (Tangsel), rencananya akan dibuang kembali ke setelah APBD-P disahkan 

TRIBUNBANTEN.COM - Sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Tangerang Selatan (Tangsel), rencananya akan dibuang kembali ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Cilowong, Serang, Banten, setelah APBD Perubahan (APBD-P) disahkan.

"Rencananya sampah dari Tangsel akan dibuang kembali ke TPSA Cilowong setelah APBD-P disahkan," ujar Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Tangsel Rastra Yudhatama, Senin (19/9/2022).

Alasannya, kata Yudha, pembayaran retribusi dan kompensasi dampak negatif (KDN) bulan September masih diproses.

Sedangkan, APBD-P di Provinsi Banten rencananya baru akan disahkan pada awal Oktober mendatang.

Baca juga: Pembuangan Sampah ke TPSA Cilowong, Pemkab Serang Nego Harga Dengan Pemkot Cilegon

Jika APBD-P sudah disahkan, nantinya Pemerintah Kota Serang akan memproses pembayaran dari Pemerintah Kota Tangsel ke warga di sekitar TPAS Cilowong.

Setelah rangkaian proses tersebut selesai, barulah pembuangan sampah dari Tangsel ke Cilowong diizinkan kembali.

"Pembayaran retribusi dan KDN termin dua akan dilakukan di bulan September berdasarkan hasil timbangan sampah yang telah dikirim," jelas Yudha.

Baca juga: KDN Turun dan MoU Disetujui, Sampah Kota Tangsel dan Kabupaten Serang Bisa Dikirim ke TPSA Cilowong

Sebelumnya diberitakan, pembuangan sampah dari Tangerang Selatan (Tangsel) ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Cilowong, Serang, Banten, dihentikan sementara sejak 29 Agustus 2022.

Akibatnya, sampah di TPA Cipeucang, Tangsel, menumpuk. Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, M Firdaus mengatakan, ada sekitar 400 ton sampah per hari yang masuk ke TPA Cipeucang.

"Dihentikan sementara sampai batas waktu yang akan ditentukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang. Penanganan sampah di Kota Tangsel hanya mengandalkan TPA Cipeucang," ujar Firdaus, kepada Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sampah dari Tangsel Akan Kembali Dibuang ke TPAS Cilowong Setelah APBD-P Disahkan"

Garbage from Tangsel will be disposed of again in Cilowong TPAS after the APBD-P is approved


Did you mean Sampah dari Tangsel Akan Kembali Dibuang ke TPA Cilowong Setelah APBD-P Disahkan

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved