Breaking News:

Stasiun Mulai Gunakan Alat GeNose untuk Deteksi Covid-19

GeNose adalah alat screening orang yang diduga terindikasi infeksi virus Covid-19 untuk calon penumpang kereta api.

Editor: Glery Lazuardi
ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menciptakan inovasi sebuah alat pendeteksi pasien positif Covid-19 melalui embusan napas bernama GeNose. 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - GeNose akan segera dioperasikan.

GeNose adalah alat screening orang yang diduga terindikasi infeksi virus Covid-19 untuk calon penumpang kereta api.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akan mengoperasikan GeNose di Stasiun Gambir, Jakarta, dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Untuk saat ini, kami masih melakukan persiapan pemasangan alat GeNose dan masih mengkaji berapa banyak alat yang akan dipasang di dalam stasiun," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Stasiun Kereta Api Bakal Pakai GeNose Pendeteksi Covid-19, Akurasi 90 Persen Tarifnya Rp 20.000

Baca juga: Ruang Perawatan Habis, Pasien Covid-19 Dirawat di 18 Gerbong Kereta Api Isolasi Milik PT INKA

Dia menjelaskan, peralatan GeNose mulai digunakan di kedua stasiun pada 5 Februari 2021 dan ditujukan ke penumpang kereta jarak jauh, dan akan menyusul stasiun kereta api lainnya.

Pihaknya mempersiapkan pengadaan GeNose Test di stasiun saat ini masih dalam proses penyediaan alat dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan tenaga medis yang bersangkutan.

Menurutnya, calon penumpang KA jarak jauh bisa menggunakan hasil tes menggunakan GeNose untuk melengkapi dokumen perjalanan.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan memberlakukan tes Covid-19 dengan alat GeNose di transportasi KA mulai 5 Februari 2021.

Menhub Budi Karya Sumadi menyebutkan, Tes Covid-19 menggunakan GeNose ini akan mulai berlaku 5 Februari 2021 dan bersifat mandatory.

"Dengan adanya GeNose ini, dapat memastikan penumpang KA negatif Covid-19 sebelum melakukan perjalanan," ujar Budi Karya Sumadi di Jakarta, Minggu (24/1/2021).

Penggunaan GeNose ini, lanjut Budi Karya, merupakan bagian dari campaign "Bangga Menggunakan Produk Indonesia" karena alat tersebut merupakan hasil karya anak bangsa yang dikembangkan UGM.

Menurut dia, penggunaan GeNose sudah mendapat surat persetujuan Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19 untuk bisa digunakan di transportasi publik.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Stasiun Tugu dan Gambir Mulai Gunakan GeNose untuk Deteksi Covid-19

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved