Breaking News:

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Turun, Wamenkes: Manfaat Vaksin Kurangi Risiko Terpapar Corona

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan terjadi penurunan angka kasus positif aktif Covid-19

Editor: Glery Lazuardi
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Ilustrasi vaksinasi 

TRIBUNBANTEN.COM - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan terjadi penurunan angka kasus positif aktif coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Menurut dia, penurunan itu terjadi karena pemerintah telah memberikan vaksin setidaknya kepada sekitar 9 juta penduduk.

9 juta penduduk itu meliputi 6 juta orang menerima vaksin Covid-19 dosis pertama dan 3 juta di antaranya telah menerima vaksin dosis kedua.

"Kemudian terjadi penurunan angka kasus aktif Covid-19 di semua daerah di Indonesia," ujar Dante dalam siaran langsung kedatangan vaksin via Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Mendekati Bulan Puasa, Satgas Covid-19 Lebak Belum Tentukan Pelaksanaan Vaksinasi

Baca juga: Pemkab Pandeglang Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia dan Calon Jemaah Haji pada Awal April

Selain itu, ia menyebut bahwa 9 juta orang telah menerima vaksin Covid-19 juga memberikan dampak pada penurunan kasus positif Covid-19 pada tenaga kesehatan.

Serta penurunan jumlah pemakaian tempat tidur di banyak rumah sakit di Indonesia.

"Sejak dilakukan (vaksinasi) evaluasi dan dilaksanakan bahwa jumlah tenaga kesehatan tadi sudah 100% sudah divaksinasi dan terjadi penurunan angka tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19," ungkapnya

"Dan penurunan bed occupancy rate (BOR) di seluruh RS vertikal yang kita evaluasi di Indonesia, ini membuktikan bahwa vaksin memberikan manfaat yang besar dan mengurangi risiko terpapar COVID-19 yang besar," lanjut Dante.

Diketahui Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin Covid-19 CoronaVac dari Sinovac sebanyak 16 juta vaksin termasuk 1,5 overfilled dalam bentuk bulk, pada Kamis (25/3/2021).

Kedatangan jutaan dosis vaksin tersebut merupakan tahap ketujuh dari seluruh kedatangan vaksin Covid-19 ke Indonesia.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Dewan Masjid Indonesia Akan Jadikan Masjid Tempat Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Presiden Moon Jae-in Jadi Penerima Vaksin Covid-19 AstraZeneca Pertama di Korea Selatan

Ia mengatakan, suplai tambahan vaksin yang tiba ini diharapkan dapat mempercepat pembentukan herd imunity atau kekebalan kelompok dengan target penerima vaksin 181,5 juta orang.

"Ketersediaan vaksin menjadi sangat vital dalam program vaksinasi. Hingga saat ini kita melakukan pengaturan kecepatan berdasarkan atas ketersediaan vaksin," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wamenkes Sebut Vaksinasi Covid-19 Turunkan Jumlah Kasus Aktif di Indonesia

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved