Breaking News:

PPKM Darurat

CATAT! Pelayanan Paspor Dihentikan Selama PPKM Darurat, Kecuali untuk Keperluan Berikut

Untuk sementara, pelayanan keimigrasian secara tatap muka dihentikan di semua kantor Imigrasi di Pulau Jawa dan Bali pada periode 5-20 Juli 2021.

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Wijanarko
Petugas menyambut pembuat paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Serang, Kamis (17/12/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Untuk sementara, pelayanan keimigrasian secara tatap muka dihentikan di semua kantor Imigrasi di Pulau Jawa dan Bali pada periode 5-20 Juli 2021.

Kebijakan itu dibuat oleh pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Kebijakan itu merupakan implementasi atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan lonjakan kasus Covid-19.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara mengatakan, kantor Imigrasi tetap membuka pelayanan paspor bagi WNI dengan kebutuhan mendesak selama masa PPKM darurat.

"Kepada pemohon paspor dengan kebutuhan mendesak seperti berobat ke luar negeri atau tujuan darurat lain kami persilakan datang langsung ke kantor Imigrasi terdekat," kata Angga dalam keterangan yang diterima, pada Senin (5/7/2021).

Baca juga: Layanan Eazy Passport, Kantor Imigrasi Kelas I Serang Jemput Bola ke Warga yang Ingin Buat Paspor

Baca juga: China Pelopori Negara Pertama yang Luncurkan Paspor Virus, Indonesia Kapan? Berikut Penjelasannya

Selain itu, dia bilang sistem antrean online melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) saat ini juga ditutup sementara.

Di samping itu, pelayanan bagi orang asing, seperti izin tinggal dan status keimigrasian secara tatap muka juga dihentikan.

Namun, penjamin orang asing atau orang asing dapat mengajukan permohonan perpanjangan izin tinggal atau permohonan lainnya secara daring melalui situs web izintinggal-online.imigrasi.go.id.

Kemudian, untuk permohonan visa, saat ini bisa dilakukan secara online melalui situs web visa-online.imigrasi.go.id sehingga orang asing dan penjaminnya tidak perlu ke perwakilan RI atau ke kantor imigrasi.

"Untuk pelayanan bagi orang asing kami buka secara online, sehingga tidak ada lagi orang asing atau penjamin yang datang ke kantor imigrasi," ucap dia.

Angga menambahkan, penghentian pelayanan keimigrasian secara tatap muka ini bersifat sementara dan akan terus dievaluasi sesuai arahan Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

"Bagi masyarakat yang memerlukan konsultasi keimigrasian dapat menghubungi kami melalui fitur live chat pada website www.imigrasi.go.id," lanjut dia

Baca juga: Polemik Warga Negara Orient Riwu, Dukcapil: Paspor AS Kedaluwarsa, Dilantik Jadi Bupati Sabu Raijua?

Baca juga: Pembuatan Paspor di Kota Tangerang Alami Penurunan Hampir 60 Persen Selama Pandemi Covid-19

Seperti diketahui, sejak Sabtu (3/7), pemerintah menerapkan PPKM Darurat menyusul meningkatnya perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air. Adapun kebijakan PPKM Darurat berlaku hingga Selasa (20/7/2021) di Pulau Jawa dan Bali.

Tulisan ini sudah tayang di kontan.co.id berjudul PPKM Darurat, Ditjen Imigrasi hentikan pelayanan paspor

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved