Breaking News:

Tantang Mahasiswa Kembangkan Potensi di Kampus Merdeka, Nadiem Makarim: Keluar dari Zona Nyaman!

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi mempunyai program Kampus Merdeka.

Editor: Glery Lazuardi
Tribunnews/Jeprima
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memberikan kata sambutan usai serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Nadiem Makarim resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti) pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. 

TRIBUNBANTEN.COM - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi mempunyai program Kampus Merdeka.

Melalui program Kampus Merdeka, Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, mengajak mahasiswa belajar langsung di dunia nyata sekaligus memberi dampak positif pada lingkungan.

"Keluar dari zona nyaman, keluar dari kolam renang akademia dan masuk ke lautan terbuka dan belajar di situ,” kata Nadiem, dalam acara Tanoto Scholars Gathering 2021, pada Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Kisah Moti Manusia Silver Terjaring Razia, Lagi Ngelamun Pengen Sekolah, Tersadar Sudah Diangkut

Baca juga: Cerita Siswa SMK 2 Rangkasbitung di Hari Pertama PTM: Lupa Jalan ke Sekolah, Malah ke Tongkorongan

Menurut dia, mahasiswa harus memiliki keberanian untuk mengambil risiko, apalagi mengingat usia yang masih muda dan kesempatan yang ditawarkan melalui program Kampus Merdeka.

"Inilah waktunya untuk mengambil risiko, inilah waktunya untuk menantang diri sendiri," kata dia.

Dia menjelaskan mengambil risiko itu dengan cara berteman dengan orang dari latar belakang dan punya perspektif berbeda.

"Untuk mengambil mata kuliah yang sulit, atau mencoba untuk mengikuti program di luar kampus," tuturnya.

Salah satu program itu yaitu Tanoto Scholars yang hadir mewujudkan Kampus Merdeka yang menitikberatkan pada pembelajaran dunia nyata atau project-based learning.

Tanoto Scholars Gathering 2021 mengusung tema “Learn and Lead: 40 Years of Creating Impact” dimulai pada Rabu 1 September hingga Kamis 2 September 2021.

TSG 2021 dibuka dengan keynote speech dari Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation Anderson Tanoto yang berbagi mengenai nilai-nilai keluarga Tanoto dan juga tips praktikal untuk Tanoto Scholars agar bisa menjadi pemimpin yang berkontribusi bagi masyarakat.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved