Breaking News:

Kemenkumham Banten

Keren! 10 Budaya Lebak Terima Sertifikat Kekayaan Intelektual dari Kemenkumham Banten, Ini Daftarnya

KIK tidak hanya memberikan manfaat secara ekonomi, tetapi juga sebagai potensi ekologi, kepariwisataan, dan sosial budaya

dokumentasi Humas Kemenkumham Banten
Plh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Masjuno, menyerahkan secara simbolis sertifikat KIK Seba Baduy kepada Pemkab Lebak, yang diterima Asda I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Al Kadri, di Horison Rahaya Rangkasbitung. Sepuluh ekspresi budaya tradisional Kabupaten Lebak menerima sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dari Kanwil Kemenkumham Banten. 

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Sepuluh ekspresi budaya tradisional Kabupaten Lebak menerima sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dari Kanwil Kemenkumham Banten, Selasa (30/8/2022).

Sepuluh ekspresi budaya tradisional yang menerima sertifikat KIK itu adalah Seba Baduy, Debus Banten, Zikir Saman, Ubrug, Dogdog Lojor, Angklung Buhun, Golok Sulangkar Baduy, Koja Baduy, dan Tenun Baduy.

Plh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Masjuno, menyerahkan secara simbolis sertifikat KIK Seba Baduy kepada Pemkab Lebak, yang diterima Asda I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Al Kadri, di Horison Rahaya Rangkasbitung.

Baca juga: Dorong Pariwisata Ramah Hak Asasi Manusia, 3 Destinasi ini Bakal Dinilai Kemenkumham Banten

Masjuno mengatakan sertifikat pencatatan KIK ini adalah bukti perlindungan atas kekayaan intelektual yang telah didaftarkan.

"KIK tidak hanya memberikan manfaat secara ekonomi, tetapi juga sebagai potensi ekologi, kepariwisataan, dan sosial budaya," ujar Masjuno.

Dia menegaskan Kemenkumham berkomitmen untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia dalam memelihara, melindungi, dan mengembangkan KIK warisa budaya yang dimiliki setiap daerah.

Perlindungan itu agar tidak diklaim atau dieksploitasi pihak lain.

Al Kadri mengaku Pemkab Lebak bersyukur atas sinergi bersama Kanwil Kemenkumham Banten sehingga mencatatkan KIK dan aset pemda yang dilindungi negara.

Baca juga: Marak Judi Online, Tim Kemenkumham Banten Periksa Laptop di Lapas Kelas IIA Cilegon, Apa Hasilnya?

Dia pun mengapresiasi Kanwil Kemenkumham Banten karena telah membantu untuk mendapatkan kekayaan intelektual.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved