Breaking News:

Dua Pasar Besar di Pandeglang Bakal Direvitalisasi, Disulap Jadi Lebih Sehat dan Modern

Dua pasar besar di Pandeglang, yaitu Pasar Badak dan Pasar Panimbang, akan direvitalisasi

Penulis: Nurandi | Editor: Glery Lazuardi
Nurandi/TribunBanten.com
Ilustrasi aktivitas jual beli di Pasar Badak, Kabupaten Pandeglang. Dua pasar besar di Pandeglang, yaitu Pasar Badak dan Pasar Panimbang, akan direvitalisasi Upaya revitalisasi di Pasar Badak dan Pasar Panimbang itu dilakukan supaya menjadi lebih sehat dan modern. Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pandeglang mengalokasikan dana Rp 40 Miliar untuk masing-masing pasar. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Dua pasar besar di Pandeglang, yaitu Pasar Badak dan Pasar Panimbang, akan di revitalisasi

Upaya revitalisasi di Pasar Badak dan Pasar Panimbang itu dilakukan supaya menjadi lebih sehat dan modern.

Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pandeglang mengalokasikan dana Rp 40 Miliar untuk masing-masing pasar.

Baca juga: Qoriah Disawer saat Mengaji di Pandeglang, MUI Banten Minta Jajarannya Beri Masyarakat Pencerahan

"Banyak kerusakan di dalam pasar, karena kan kondisi dua pasar tersebut sudah lama, dan harus ada perbaikan," kata Kepala Diskoperindag Pandeglang Suaedi Kurdiatna saat dihubungi Tribun Banten.com, Jumat (13/1/2023).

Menurut dia, tujuan dari revitalisasi itu karena kondisi dua pasar yang sudah tidak layak dan bangunannya sudah lama.

Untuk di Pasar Badak, kata dia, akan dibuatkan lokasi khusus parkir.

"Harapannya akan di bangun tiga lantai, jadi bawah pasar itu khusus parkir. Karena pasar itu, tempatnya harus estetik dan higienis," ujarnya.

Diketahui Pasar Badak Pandeglang dan Pasar Panimbang bangunanya sudah berdiri 20 tahun lamanya.

Anggaran pembangunan kedua pasar juga, tidak hanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tetapi bersumber dari corporate social responsibility (CSR) salah satu perusahaan.

Suaedi menjelaskan langkah tersebut dilakukan, karena APBD Kabupaten Pandeglang yang terbatas dalam melakukan revitalisasi dua pasar tersebut.

Baca juga: 3 Rekomendasi Wisata Pulau Terindah di Pandeglang Banten

"APBD yang terbatas, jadi kita mengandeng CSR dalam melakukan pemeliharaan dan peremajaan padar ini, untuk masing-masing pasar itu Rp 40 miliar," katanya.

Dirinya melanjutkan fokus revitalisasi tersebut di perioritaskan hanya untuk Pasar Badak Pandeglang dan Pasar Panimbang terlebih dahulu, dalam menyambut adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Panimbang.

"Jadi saat ini kita fokus pada dua pasar ini, untuk membuka peluang investor masuk," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved