Breaking News:

Tilang Elektronik Berlaku di Jalan Tol Mulai April 2022, Berikut Daftar Wilayahnya

Tilang online bagi pelanggar rambu-rambu lalu lintas di jalan tol akan diberlakukan mulai 1 April 2022.

Editor: Glery Lazuardi
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi - Kawasan Pemberlakuan Tilang Elektronik 

TRIBUNBANTEN.COM - Tilang online bagi pelanggar rambu-rambu lalu lintas di jalan tol akan diberlakukan mulai 1 April 2022.

Pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan berfokus kepada dua pelanggaran khusus yaitu batas kecepatan kendaraan dan over dimension over loading (ODOL).

Nantinya, penindakkan tilang online akan diberlakukan melalui sistem elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di beberapa ruas tol

"Saat ini memang masih tahapan sosialisasi, hanya diberikan peringatan sampai 30 Maret 2022. Setelah itu baru akan kami tindak," kata Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan, dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Baca juga: Mulai April 2022, Melebihi Batas Kecepatan dan ODOL di Jalan Tol Bakal Kena Tilang Elektronik

Adapun cara deteksi pelanggaran kendaraan yang lewat batas kecepatan alias overspeed untuk tilang online, menggunakan speedcam yang dipasang pada 30 titik jalan tol di seluruh Indonesia.

Sementara itu, pelanggaran kendaraan yang kelebihan muatan dan dimensi alias ODOL, akan dipantau melalui alat Weight In Motion (WIM) yang siap dipasang pihak kepolisian.

"Kamera ETLE akan bekerja selama 24 jam untuk mengawasi semua pelanggaran yang terjadi," ujar Aan.

Adapun sebaran kamera ETLE untuk melakukan penindakkan tilang online ini, sebanyak delapan titik akan dipasang di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Sementara 22 titik kamera ETLE untuk tilang online lainnya pada tol Trans Jawa dari Jakarta-Ketosono. Kemudian satu unit kamera ETLE untuk tilang online di jalan tol juga akan dipasang di luar Pulau Jawa.

Baca juga: Cara Mengurus Tilang Elektronik atau ETLE, Denda Hanya Ditransfer dan Kembaliannya Bisa Diambil

Sementara WIM (timbangan ODOL), dipasang di tujuh titik yaitu pada Tol Jagorawi, JORR Seksi E, Jakarta-Tangerang. Lalu ada juga di ruas tol Padaleunyi, Semarang seksi ABC, Ngawi–Kertosono, serta tol Surabaya–Gempol.

Itulah informasi mengenai rencana penerapan tilang online di jalan tol. Jangan sampai Anda terkena tilang online saat di jalan tol.

Tulisan ini sudah tayang di kontan.co.id berjudul Awas, Tilang Online di Jalan Tol Berlaku Mulai 1 April 2022, Ini Rincian Wilayahnya

Beware, Online Traffic Tickets on Toll Roads Effective From April 1, 2022, Here Are The Area Details

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved